Skip navigation

mungkin tulisan yang ini banyak yang akan menentang, tapi apa boleh buat, saya terpaksa menulis juga karena dorongan kuat dari hati nurani saya yang menggugat.

 

Saya nyatakan saya menentang dan menganggap bahwa BERHENTI MEROKOK ADALAH PERBUATAN SESAT!! whahaha..
kenapa saya berpendapat seperti itu? apa alasan saya sampai saya berani bilang begitu? Okeh, akan saya jabarkan mengapa sampai saya bisa mengatakan seperti itu.

 

  • Alasan orang berhenti merokok karena takut mati atau sakit.

Jelas ini tidak ada bukti yang kuat, sakit lebih disebabkan karena orang2 stress dalam bekerja, kemudian tidak rajin berolahraga, lebih banyak tidur daripada melek, dll. Anda kurang percaya? coba anda pergi kepedesaan dimana banyak orang2 yang sudah sangat tua tapi masih merokok dan ternyata sehat2 aja. Apalagi takut mati.. wow people’s die man!! ga ada yang hidup kekal.

 af

Okeh, dengan ini alasan pertama saya GAGALKEN.

 

  • Alasan berhenti merokok karena wanita.

Ini alasan konyol. Hanya pria2 lemah yang menyerah karena hal seperti ini. Ketika perempuan mencintai seseorang, sudah seharusnya dia mencintai dengan tulus apa adanya. Belum apa-apa anda sudah menjadi pria yang tertindas, gimana nanti setelah anda menikahi perempuan ini.. jangan2 anda bersedia di poligami dengan istri anda. Lagipula, sekarang ini sudah banyak perempuan merokok jaman sekarang (dengan banyak alasan dari yg cuma coba2, pengen dibilang gaul, atau biar gampang digauli bergaul, sampe yang emang perokok sejati) dan cantik2 juga ko’ yang ngerokok. Coba aja liat di mal2..

 

 cewe

Okeh, dengan ini alasan kedua juga saya GAGALKEN

 

  •  Alasan berhenti merokok karena merokok itu dosa harom dll

           Ini alasan paling sesat.Kenapa? karena dengan anda berhenti merokok dan mengajak orang berhenti sudah jelas anda akan membangkrutkan perusahaan rokok. dengan bangkrutnya perusahaan rokok maka anda mempunyai andil dalam mem-PHK-kan ribuan karyawan pabrik tersebut. Kita tau sendiri angka pengangguran di negara ini sangat tinggi dan sebagai warga negara yang baik maka anda tidak ingin dong menambahnya lagi?. Tapi itu belum seberapa.. sekarang kita coba bayangkan, seorang buruh pabrik tersebut punya anak dan anak itu sedang sekolah. Saat sang buruh diPHK otomatis ia tidak punya biaya untuk menyekolahkan anaknya, jadi sang anak akhirnya putus sekolah. Karena sang anak putus sekolah masa depannya pun makin tidak jelas. Dan secara tidak langsung anda akan mempunyai andil dalam membodohkan kehidupan bangsa. Gimana? Membuat orang menderita perbuatan jahat dan tercela lho..  Sedangkan jika anda merokok, anda termasuk orang yang berkorban demi mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan bangsa. Kalau kita berbuat demikian jelas itu adalah perbuatan baik, masa perbuatan baik diharamkan? bid’ah ngaco itu..

ad

Okeh,  dengan ini saya nyataken bahwa alasan apapun untuk berhenti merokok adalah salah dan tercela dan itu merupakan perbuatan yang egois yang tidak pro Reformasi dan Demokrasi.

Sekian pernyataan sikap saya dari hati saya yang paling dalam, Trima kasih.

 

     

    Advertisements

    76 Comments

    1. Sesuatu yg terjadi pasti ada baik dan buruknya…..

    2. @ yorgyb

      lah… maxudnya? klise ah..

    3. Busyet dah… 😆

      * Alasan berhenti merokok karena wanita.

      Asli ngena nanget di aku… 😆

    4. waktu sma pernah brenti ngrokok karena poin 2 :mrgreen:

    5. 😯

      bukankah penelitian medis sudah sangat jelas?

    6. 😯

    7. waw, katakanlah kebenaran meski itu pahit 😛

      Akan menarik kalau tulisan ini anda sebarkan pada murid-murid sekolah dasar sampai mahasiswa universitas, supaya bisa segera meneladani guru-guru dan dosen mereka yang perokok. Jangan lupakan forum2 pengajian, supaya imannya bertambah, dijauhkan dari kesesatan yang nyata, dan mau mencontoh guru ngajinya yang juga perokok 😛

    8. Alasan anda sedikit bisa diterima, masuk akal.

      Tapi hasil penelitian dalam kedokteran juga psikologi para lelaki terhadap tindakan wanita; karena wanita.
      Bener juga toh? tidak kalah masuk akalnya toh, sudah ada bukti konkritnya toh? tidak asal-asalan toh?

      Eh makasih dah tengok blognya perempuan 🙂

    9. Itu gambar yang merokok siapa tuh, kenalken dunk. :mrgreen:

    10. @ rozenesia

      hehe.. yg nomer 2 emang khuzuz buat sampeyan ko’, setelah membaca komen ente di tipsnya dana :mrgreen:

      @ caplang

      yah.. satu lagi korban wanita

      @ eMina

      mba, dokter=tukang obat.. hehe 😯

      @ Guh

      baiklah mungkin saya akan coba men-seminar-ken masalah ini

      @ perempuan

      iya mba.. iya iya..

      *ngumpet dulu ah takut…*

      @ dana

      yang mana?? weleh weleh weleh..
      jadi mau meroko’ lagi nih mas??

    11. kalo gak pernah merokok,
      berhentinya kapan ya?

    12. alasan no 1 aku blum bisa terima, tanpa ada bukti contoh orangnya.
      Soalnya aku punya tetangga, dia mati muda gara2 perokok aktif dan karena memang jantungnya sudah rusak.

      alasan no. 2, karena aku bukan cewek,jadi tidak tau perspektif dia so ngak bisa ngoment.

      alasan no 3, kayaknya anda masih melihat hal2 dosa/harom itu tidak dari segi halal haramnya, tapi hanya melihat dampak produk itu tidak dihentikan.

    13. @ GRaK

      1. ah masa sampeyan ndak pernah liat kakek2 tukang pikul barang diterminal atau dipasar masih kuat manggul karung gede2 sambil ngisep 234?? ndak pernah ke pasar tradisional ya mas?

      2. ga bisa coment juga

      3. wah yang ini berarti sampeyan kurang mendalami penjabaran saya..

      ah damai aja lah.. hehehe

    14. @ orang aneh

      dasar orang yang aneh…

    15. merokok itu bisa menyebabkan global warming. (lhoh?!?)

      ya, berhentilah merokok untuk diri anda sendiri. kasian itu paru2nya makin menghitam. juga untuk orang sekitar kita. kasian mereka yang ga ngrokok tapi kena racunnya. kan kita harus mencintai sesama jenis.

      ehehheee…

    16. btw, perlu potoku yang lagi berpose mo nyumet rokok ga ?? ihihhiii…

    17. skalian hetrix lah, nanggung..

    18. Menyambung yang disampein Nieznaniez…
      Cuma kebayang, penduduk dunia 6,5 Milyar… di Indonesia 70% pria merokok (baru yang pria), di Jepang sekitar 50%…

      Misalnya nih dibikin rata-rata 50% penduduk dunia merokok… waduh..waduh… bisa menyebabkan kebakaran besar, efek rumah kaca dari GRK (gas rumah kaca) yg dikeluarkan misalnya CO2 dsb… bla…bla..bla… serem ngebayanginya…

      Btw, salam kenal…

    19. piss juga 🙂

    20. Sedikit ngritik nih….mbok ya jangan nampilin gambar seorang wanita dengan simbol agama tertentu sedang merokok toh

    21. ada juga dalilnya ngrokok versi santri kang:

      “khoirul ‘udud ba’daddahar” tulisan arabnya seperti ini:
      خير العدود بعد الدهـر
      “sebaik-baik udud adalah setelah makan” 🙂

    22. Sory bos, mohon diganti kata “sebaik-baik” dengan senikmat-nikmat … tengkyu… 🙂

    23. @ nieznaniez

      perbandingannya terlalu jauh mba antara asap rokok sama asap knalpot mobil.. lagi pula di afrika dari dulu panas lho, ga pada komplen orang2nya.. hehe

      @ agoyyoga

      *sambil ngebayangin*

      wah ga muat di otak nih ngebayangin 6,5milyar orang.. kalo duit mah gampang dibayanginnya

      @ grak

      ya.. hidup damai…

      @ prasso

      maap mas kalo saya salah, saya ga punya maksud apa2 lo bener..sumpah.. tapi dari situ kita kan jadi bisa belajar melihat dari perspektif yang berbeda..

      @ uncle kurt

      waah.. uncle bisa aja ah.. nanti dituduh sesat lho!!! 😛

    24. Faktor Ekonomi ndak diebut?
      Saya karena ndak punya duit cukup, berenti ngerokok pas nganggur.

    25. huakakkakaka…
      sumpah lucu..
      kl ane mah dapet alesan bagus dari p richard mengko
      dia bilang begini
      “tahun lalu orang yang meninggal karena merokok mencapai 15%. dan tahun ini diperkirakan mencapai 20%. artinya, ada sekitar 80-85% orang mati karena ngga ngerokok. ya mending gw jadi yang 20% deh”
      eiuhiuehiuehiue
      * salam kenal

    26. Saya anti rokok. TITIK.

    27. mas saya mo nambah satu lagi alasan berenti ngerokok

      “rokoknya kehabisan, mo beli lagi males kejauhan hari udah malem”.

    28. @ payjo

      faktor ekonomi ga terlalu berpengaruh soalnya mas, sayacuma bisa doain mas payjo biar cepet kaya lagi jadi lanjutin reko’nya 😀

      @ Edo

      saya juga ikutan jadi yang 20% ah

      *salam kenal juga*

      @ Dewo

      ayo lah mas se isep dua isep aja… 😛

      @ bedh

      *sadar pemalas…*

    29. mm.. ya.. ya.. ya..got the point..

      kalo gitu..
      hapuskan juga prostitusi! legalkan penjualan perempuan ke luar negeri! kan pasti setidaknya beberapa dari mereka punya keluarga di Indonesia, dan itu bakal menambah visa negara. Lapangan pekerjaan pun tambah banyak, tingkat pengangguran akan semakin sedikit.. semua orang senaaang..

      oh.. gimana kalo pelegalan yang dibilang psikotropika? wah itu lebih oke lagi tuh! selain pemasok minyak dunia, Indonesia juga bisa jadi pemasok ganja terbesar! bisa mensejahterakan perekonomian di Indonesia!

      piss dulu ah.. jangan ngambeg yaa.. =P

    30. “sekarang kita coba bayangkan, seorang buruh pabrik tersebut punya anak dan anak itu sedang sekolah. Saat sang buruh diPHK otomatis ia tidak punya biaya untuk menyekolahkan anaknya, jadi sang anak akhirnya putus sekolah. Karena sang anak putus sekolah masa depannya pun makin tidak jelas. Dan secara tidak langsung anda akan mempunyai andil dalam membodohkan kehidupan bangsa. Gimana? Membuat orang menderita perbuatan jahat dan tercela lho.. Sedangkan jika anda merokok, anda termasuk orang yang berkorban demi mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan bangsa”

      Coba dibalik…

      “sekarang kita coba bayangkan, seorang ayah yang menjadi tulang punggung keluarga harus mati sia-sia akibat penyakit yang timbul oleh rokok. Otomatis keluarga itu tidak punya biaya lagi untuk menyekolahkan anaknya, jadi sang anak akhirnya putus sekolah. Karena sang anak putus sekolah masa depannya pun makin tidak jelas.” Ini berarti rokok telah merusak dan menghancurkan kehidupan berbangsa.

      Hal lainnya…

      Kamu mengatakan “Membuat orang menderita perbuatan jahat dan tercela lho”, merokok berarti kita meracuni orang di sekitar kita, bukankah ini perbuatan yang jahat dan tercela?

    31. @ diahramli

      mmm… boleh juga tuh usulnya.. demi mensejahterakan kehidupan bangsa 😛
      daripada di ilegal kan tapi tetep aja jalan terus ya mending dilegalkan dan dikenakan pajak. fair enough!
      dulu juga pak Ali Sadikin melegalkan perjudian di jakarta dengan pajak tinggi..

      *nanti saya kontak menteri ekonomi sama pak presiden*

      @ Dimas

      hehehe bisa aja ah dibalik-balikin
      salah sang ayah apa ayo?? dia ngga pernah nabung! coba kalo dia nabung pasti pas meninggalkan keluarganya, si anak masih bisa sekolah..
      kalo kasus begitu skalanya perorangan mas.. masih kalah dibandingin seluruh buruh pabrik di PHK trus nganggur

    32. hehehe…para perokok dan pabrik rokok sedunia bersatulah!

    33. hmm… kalo menurut gw sih alesan yg paling masuk akal… ngerokok itu bikin nafas dan badan jadi bau…. nggak enak kalo lagi mesum2an… hahaha…

      • pejantan tanggung
      • Posted December 19, 2007 at 6:00 am
      • Permalink
      • Reply

      eh, kamu thu goblok apa gimana si??
      uda jelas2 ditulis tebal :
      MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN….!
      kalo gue merokok, bisa2 gue impotensi!!
      ntar gimana anak gue mau putus sekolah?
      punya anak aja ga bisa….(impotensi lohh…)!?

    34. Dasar pejantan tanggung.. pantes saja tanggung banget mikirnya…. pasti bukan perokok. Cirinya orang bukan perokok itu sederhana, kecerdasannya di bawah standar seperti, pejantan tanggung itu.

      Wahai perokok Indonesia!!! Mari bersatu bersama di http://aliansi-perokok-indonesia.blogspot.com

    35. saya setuju sama pendapat mas dimas….

      lah gimana mau nabung coba,..
      wong tiap hari uangnya di pakai buat beli rokok,…

      soal perbandingan “seorang ayah” dan “buruh pabrik”, gak bisa langsung divonis “kalah” lah,kan mas dimas hanya mengambil sampel ajah….
      kalau semua ayah kayak yang dituturkan mas dimas perbandingannya sama saja, bahkan jauh lebih buruk akibatnya,…
      wong ayahnya mati semua siapa yang bakal ngehidupin anak2 coba, kalo yang buruhkan walau dipecat masih bisa nyari gawe lagi dibanding mati.

      hehehe

      hidup mati emang di tangan Tuhan,.tapi usaha ada di tangan kita,..
      kalau ada yang lebih baik,. buat apa milih yang lebih buruk,..

    36. saya setuju sama pendapat mas dimas….

      lah gimana mau nabung coba,..
      wong tiap hari uangnya di pakai buat beli rokok,…

      soal perbandingan “seorang ayah” dan “buruh pabrik”, gak bisa langsung divonis “kalah” lah,kan mas dimas hanya mengambil sampel ajah….
      kalau semua ayah kayak yang dituturkan mas dimas perbandingannya sama saja, bahkan jauh lebih buruk akibatnya,…
      wong ayahnya mati semua siapa yang bakal ngehidupin anak2 coba, kalo yang buruhkan walau dipecat masih bisa nyari gawe lagi dibanding mati.

      hehehe

      hidup mati emang di tangan Tuhan,.tapi usaha ada di tangan kita,..
      kalau ada yang lebih baik,. buat apa milih yang lebih buruk,..

      “ketinggalan namanya, hehehe”

    37. yang merokok monggo silahkan merokok, tapi jangan merokok didekat orang yang membenci rokok carilah tempat laen karena bumi ini khan luwas.
      —–selamat subuh—-

    38. Yah, menurut saya mah tu mah kan pilihan, mw melakukan apapun kan terserah individu masing-masing…

    39. Aslmkm… Alow salam kenal…
      Hmm… judulnya agak2…
      cuman ingin ngasih komen
      ngerokok itu sebenernya sah2 aja, siapa aja boleh ngerokok
      tapi rokok itu lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya. so?
      terus juga, klw sy bilang seeh, ngerokok itu sama aja dengan ngebakar uang
      Anggap aja gini… 1 bungkus rokok misalnya 10ribu rupiah, dan 1 bungkus isinya 20 batang, berarti 1 batang harganya 500 rupiah khan?
      Jadi ngerokok 1 batang itu sama aja dengan ngegulung uang kertas 500 rupiah dan dibakar…
      heheh… pis ^_^

    40. pas mau niat berhenti merokok malah kesasar disini waduh bisa saya pertimbangkan ulang tuh niat saya….

    41. Suka ngerokok ya …

    42. Merokok bagi pria tuch hal yang menyenangkan, karena merokok bisa di bilang gaul, gampang gaul dan lebih jantan……jd sebagian besar cwo tuch merokok….

      klw berhenti merokok cma gra2 cwe doank mendingan lo putusin dech tu cwe,,,,blum nikah ja dah nglrang kya gtu pa lg lo nikah bsa2 lo yg di ajarin ma cwe.

      piss ^_^

    43. merokok ???

      tu sech hak s’org, mngkin bgi sebagian org merokok tu menyenangkan tapi da jga yang tidak senang.
      klw merokok mndingan di tmpat yg da di sediakan jd gak da yg di rugikan,,,
      oke boz…….?

    44. Temukan cara mudah,cepat dan murah berhenti merokok tanpa obat2an, tanpa efek samping dan tanpa menderita, jangan lewatkan program kami, Qsweft GRATISS senilai Rp 2 juta. ditunggu.

    45. yang saya tau mas.. orang sulawesi (dan bayinya) yg meninggal karena kelaparan itu ternyata penghasilan suaminya lebih banyak untuk beli rokok dari pada sampai ke rumah.

    46. bosss…..
      yang pake krudung tu siapa ya bosss boleh kenalan dunks
      manis juga

    47. hhhhiduPPPPPPPPPPPP
      ROKOK

    48. orang OTAKNYA GILER BERENI MENGATAKAN ROKOK ITU BAgus kerana
      otaknya dibalut dengan narkotin sial laknat. pergi mampus pak.
      alasan yang tak relevan.

    49. roko emang enak

    50. Masya.. Alloh…
      Kalo ada tokoh jahat pasi dia akan berkata pada anda “Sampai ketemu di Neraka”

      Merokok sama sekali bukan ajaran yang baik, semua agama tidak ada yg menganjurkan merokok.
      Analisa anda hanya “skeptis” tidak ada dalil ilmuah yang akurat. Itu hanya pola pikir anda saja.
      merokok sangatlah jelas salah, kalaupun ada efeksampingnya hingga pabrik rokok ditutup dan pengangguran dimana-mana itu merupakan ketakutan tablish, bahwa syetan sudah merasuk ke jiwa anda.
      Dalam hadist2 shahih jelas sekali rokok itu haram dan diharamkan, alasannya sangatlah jelas… yakni rokok bukan makanan yang menghilangkan lapar, dan bukan minuman yang menghilangkan haus, serta merokok juga tidak di awali dengan Bissmilah.. jelas sekali HARAM nya. sesuatu makanan dan minuman yang dilakukan secara ebrulang-ulang tanpa menyebut Basmalah = HARAM.
      Jangan anda menyesatkan ummat, ke Neraka koq.. ngajak-ngajak sich….
      Insyaf….

    51. Ada masanya dalam hidup ketika kita tak sadar akan apa yang telah kita perbuat. Jangan pernah kau sia2kan kesempatan yang tak kan datang tuk k2 kalinya……..

    52. dsr nieh orng guobloknya klewatan pisan y orng dah jlas2 kta beberapa Ulama ngerokok itu sma ja menzoolimi diri jd da yg blang haroom n makruuh. loh blang berhenti ngrokok itu sesat , loe oraaa prnah blajar ilmu agama xiiiie /oon jd sok tw mna yng sesat taw yng kgaaaa dsr sok tw lo yee kya dukun / ki joko Buuoooodooo.hehehe

    53. numpang lewat

    54. bagus deh, merokok aja semua orang… tar klo sakit berobat ke gw ya hehehe!! tajir karena orang2 bodoh menganggap rokok itu baik.

    55. Klo saya sih, sah2 aja tuh, cz klo gak merokok rasanya kepala MUMET!

    56. kumaha sia weh

    57. Mendukung pendapat di atas…. Kalau orang beriman dan yakin Kpada Tuhan Yang Maha Kuasa…. maka, yakinlah bukan rokok bukan dokter yang mengambil/menentukan nyawa seseorang… INGAT !!! HANYA TUHAN YANG BISA…Dia yang memberi Dia juga yang mengambil….. anak yang baru lahir,apakah di merokok?..Tidak tentunya….trz.. kenapa dia mati?…. banyak alasan medis di utarakan tapi itu hanya kepentingan untuk menonjolkan kebodohan manusia yang so pintar….. tauuuuu dokter adalah pembantunya Tuhan di dunia…. kalau Tuhan bilang sembuh ya pasti sembuh…
      bukan dokter….. tapi Tuhan yang menyembuhkan pasienyua itu namun melalui tangan Dokter…

    58. bravo…
      spectaculer..
      hidup sigaret…
      merdeka..!

    59. yang nulis nggak berpendidikan nih, begoo bgt..

    60. giillaaa…..
      salut deh buat nih orang ^^

    61. leh mint alamt email gugh neng?

    62. alasannya tidak dapat diterima (konyol) klo tidak percaya bahwa ‘sebatang rokok dapat mengurangi nyawa anda dalam sehari’ mohon dicoba sampai merasa klo rokok itu bukan kebutuhan hidup

      berdasarkan pengalaman pribadi…

    63. Aku juga ingin berhenti merokok, tapi susah banget, gimana yah caranya ?

    64. Jelas bahwa penulis telah keracunan nikotin sampai ke otak sehingga tidak mampu mengambil konklusi dengan baik. Ah, apa yang coba saya buktikan. Perokok memang terkenal bebal dan egois.

    65. taubatlah dari rokok baik matilah

    66. yang nulis sesat

    67. ada rokok lbihhh????

    68. brapa juta orang merokok dan berapa juta orang meninggal jarena rokok ?

      Haha,
      dilematis memang,
      di satu sisi penyakit yg dtimbulkan perokok memberi rejeki para dokter dan pnjual obat,
      di sisi lain kbutuhan merokok tdk dpat terbendung wkwk

    69. wih mantep nih… tapi ane gak merokok gan, masih kecil cuman ane samain ngerokok sama ngepermen 😀

    70. Gila Kau !!!!!!!

    71. manteb cui,kalo ane ma setuju setuju aja ma perokok…coz mau disitu ditulis efek samping rokok yg menakutkan tapi jarang tu orang yang gentar. maka dari itu hidup rokok.ngerokok mati gak ngerokok juga mati ngerokok aja deh..
      salam piss ^-^

    72. Ane udah berhenti merokok tapi ane pikir2 terkena paparan asap rokok alias jadi perokok pasif katanya lebih rentan terkena penyakit makanya ane mikir buat ngerokok lagi…tapi gag tw dah…

    73. merokoklah sebelum dirokok…!!!!

    74. Coba deh cek dibelakang label rokok, efek sampingnya baik apa buruk? Itu perusahaan rokoknya sendiri yang nyatet, bukan orang yang kontra dengan rokok. Sekarang baca QS Al a’raf 157 yang isinya kurang lebih, “…telah diharamkan bagimu segala yang buruk dan telah dihalalkan bagimu segala yang baik…” Ancaman terkena serangan jantung, ipotensi, gangguan kehamilan dan janin, rusaknya pembuluh darah, penuaan dini, dan bejibun penyakit2 lain itu baik atau buruk bila terus dicari dengan menantang maut yang jelas2 dibungkusnya secara tegas tertulis. Apa pantas tubuh yang Allah titipkan secara baik ini kita rusak dengan sengaja?

    75. hahaha.. alasannya sama sekali nggak relevan, mas klo merokok hanya merugikan diri sendiri it’s okey lah.. itu hak setiap orang, tapi perokok pasif itu justru menjadi korban yang paling besar dari perokok itu sendiri..apalagi jika merokok didepan bayi, anak-anak..haduuh, belajar sedikit tentang kesehatan donk kalau mau bilang masalah rokok.. kalau Anda mau berpendapat seperti itu silahkan, tapi bukan untuk di share ke media sosial gini, justru isi tulisan Anda yang menyesatkan..sangat tidak setuju!


    One Trackback/Pingback

    1. […] bila kesasar kesitusnya brainstorming atau ke sini perasaan enggan untuk berhenti merokok pasti deh kembali mengemuka, istri saya sampek […]

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: