Skip navigation

apa/siapa yang salah? Tuhan atau agama atau manusia?

pertanyaan itu selalu menjadi kemelut dalam hati saya. Kita semua tau bahwa semua muslim akan berkata bahwa Islam yang benar, tentu nasrani akan bilang Kristen yang benar, atau Hindu atau Budha atau apalah agama kalian.

Dari zaman Adam hingga sekarang, manusia punya predikat satu yaitu “Pembunuh”. Manusia saling menghina, menyerang, membunuh, semua atas nama Tuhan. Saya belum pernah nemuin satu bukupun yang pernah mengatakan bahwa Tuhan nenyuruh manusia untuk saling membunuh. Arogansi manusia sendiri yang membuat hal2 itu jadi benar, karena pada dasarnya manusia adalah binatang, hanya saja diberikan akal untuk berfikir. Tapi kecenderungan manusia adalah tetap pada nafsu, nafsu untuk menjadi pemenang, nafsu untuk berada diatas yang lain. Akal dipakai untuk manipulasi, menciptakan sesuatu yang salah menjadi benar dan yang benar menjadi salah.

Siapakah Tuhan itu? nah sipa yang berani menjawab ini? saya pun ga’ tau siapa Tuhan itu, akal saya ga’ pernah sampai kesana. Hanya saja saya pernah berfikir, Tuhan tidak mungkin dimiliki satu agamapun. Kenapa? karena jika Tuhan dimiliki salah satu agama, maka Tuhan beragama, sedangkan Tuhan adalah diatas segala2nya. Tuhan tidak lah islam atau kristen atau hindu atau budha atau apapun, Tuhan diatas itu semua, Dia pencipta. Analoginya seperti ini, jika Islam berkata selain islam adalah kafir, maka Allah sebagai tuhannya islam akan mengkafirkan umat lain yg notabene adalah ciptaanNya sendiri. Untuk apa Tuhan menciptakan mahluk jika hanya untuk dikafirkan? untuk apa Tuhan menciptakan sesuatu yang sia2, kan kita tau bahwa tuhan menciptakan segala sesuatu beraneka ragam bersuku2 berbeda2 supaya kita semua saling mengenal dan bersaudara. Kalau saja kita menyadari hal itu kita tidak akan tersesat oleh nafsu perorangan atau golongan yang memang hanya ingin mengadudomba.

Karena itu dari sini lah kita harus mulai belajar mengenal Tuhan, belajar berTuhan akan lebih baik daripada anda belajar Salafy atau yang lain. Belajar berTuhan adalah belajar bagaimana menjalankan hidup yang baik, belajar berkasih sayang, belajar menghormati ciptaannya, hingga anda belajar bagaimana menghadapi kematian. Bukan yang slama ini saya lihat, orang2 mengaku beragama tapi saling serang, arogan, egois. Katanya agama mengajarkan kebaikan tapi ko’ nuduh2 kafir orang lain (macem si Salafy gendeng itu), katanya agama ngajarin kasihsayang tapi ko’ malah bunuh2an antara kristen&islam, lempar2an bom lah.. ah tai kucing lah itu.  Saya selalu berdoa agar2 orang2 yg ngaku beragama ini diampuni Tuhan.. amin. Lebih baik kita berTuhan daripada kita sok2an beragama.

Advertisements

7 Comments

  1. Tul, marilah kita berTuhan. 😀

  2. bagaimana klo belajar menjadi manusia yang baik dan lebih baik, menjadi manusia yang lebih manusiawi 🙂

    ah semoga semua makhluk bahagia dan tercerahkan 🙂

  3. Mungkin bagi sebagian orang, beragama cuma untuk cari perhatian Tuhan kali ya..
    Btw, Vertamaxx yak?

  4. @ gi males login

    thanx

    @ joyo

    stuju

    @ qzink666

    bukan.. justru agama dijadiin cara cari perhatian ke orang lain, mangkanya cuma nafsu yg jadi pemenang.
    kalo agama untuk cari perhatian Tuhan, gue yakin manusia bisa jadi lebih baik
    vertamaxx bgt.. hehehe.. mohon petunjuknya!!

  5. Karena itu dari sini lah kita harus mulai belajar mengenal Tuhan, belajar berTuhan akan lebih baik daripada anda belajar Salafy

    Hah??!
    Apakah Anda tak takut dituding sebagai “da’i sesat” oleh mereka?

  6. @ bung shodiq

    saya hanya bisa tertawa ketika ada manusia menuduh manusia lainnya sesat atau kafir.. saya malah jadi kasian sama mereka bung

  7. Benar Bung..memang qt musti berpikir apa sih tujuan tuhan menciptakan kita??
    apakah cuma hidup terus mati..trus klo ga masuk neraka masuk surga?ah konyol bgt…
    APA prinsip keadilan tuhan?terus Dia kasih panduan ga?yg jelas tentunya?
    klo ga ntar di akhirat org2 yg saling berperang itu ntar malah mempertanyakan keadilan Tuhan donx..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: